FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Dukung Program 'BUMN Hadir Untuk Negeri', PTBA Gelar Jalan Sehat 5K 2016

Dukung Program 'BUMN Hadir Untuk Negeri', PTBA Gelar Jalan Sehat 5K 2016

16 Agustus 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Dukung Program 'BUMN Hadir Untuk Negeri', PTBA Gelar Jalan Sehat 5K 2016

Dalam rangka menyukseskan program Kementerian BUMN menyambut Hari Ulang Tahun ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yakni BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA). menggelar acara Jalan Sehat 5K 2016 pada Minggu (14/8) pagi pukul 06.30 WIB, di Lapangan Central Bukit Asam, Pasar Bawah Tanjung Enim, Sumatera Selatan. 

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin dalam sambutannya mengatakan, dengan motto “BUMN Hadir Untuk Negeri”, sudah saatnya kehadiran BUMN benar-benar bisa memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat di Republik ini. 

“Khusus bagi Bukit Asam, tentunya kehadiran Bukit Asam bisa memberi manfaat untuk masyarakat di kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat,” kata Arviyan Arifin. 


Hadir dalam acara tersebut jajaran direksi PTBA serta dua bupati setempat yakni Bupati Tanjung Enim Muzakir Sai Sohar dan Bupati Lahat Aswari Rivai. Selain itu, sekitar 5 ribu warga Tanjung Enim dan sekitarnya tampak antusias mengikuti acara jalan sehat yang dibuka dengan pengibaran bendera start secara bersama-sama oleh Dirut PTBA, Bupati Kabupaten Muara Enim dan Bupati Kabupaten Lahat.

Arviyan Arifin menjelaskan, kegiatan yang merupakan rangkaian acara yang digagas Kementerian BUMN ini telah menampilkan satu hal yang jarang disaksikan oleh warga, yaitu kehadiran dua bupati, di mana PTBA sebagai BUMN memiliki wilayah operasional perusahaan di dalam dua wilayah pemerintahan kabupaten, yakni Muara Enim dan Lahat.

Bupati kabupateb Muara Enim Muzakir Sai Sohar, dalam sambutannya, mengatakan, PTBA sebagai suatu perusahaan milik Negara yang wilayah operasionalnya sebagian berada di daerah Kabupaten Muara Enim dinilai responsif terhadap kebutuhan lingkungan sekitar.

“Oleh karenanya, dalam memperingati proklamasi kemerdekaanini, selaku anak bangsa, baik Pemerintah Daerah, masyarakat Muara Enim, dan PTBA bersama-sama menggalakkan esensi gotong royong,” kata Muzakir Sai Sohar.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lahat Aswari Rivai mengatakan, seperti halnya Muara Enim, Lahat juga memiliki bagian dari lingkup perusahaan PTBA, peran PTBA sangat membantu masyarakat Lahat dalam mengiringi laju tumbuh kembang kemajuan daerah-daerah di Kabupaten Lahat.

“Hadirnya kami, jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat dalam acara ini selain dalam rangka memperingati HUT ke-71 RI, juga memberikan support serta memperlihatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, bahwa Lahat, Muara Enim, dan Bukit Asam bersama-sama hadir untuk membangun daerah kita, Sumatera Selatan,”  kata Aswari Rivai.

Selain acara Jalan Sehat 5K 2016, dalam rangka menyukseskan program “BUMN Hadir Untuk Negeri”, PTBA juga menyelenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara 2016 bersama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) dengan mengirim 20 pelajar se-Sumatera Selatan ke Provinsi Maluku Utara.

Program lainnya antara lain, pembinaan kepada empat narapidana, membangun sarana pengaliran air bersih untuk masyarakat Talang Jawa dan fasilitas sumur serta penampungan air bersih di Lembaga Pemasyarakatan kelas II-B Muara Enim, pembangunan 100 fasilitas MCK di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, dan pembangunan rumah penitipan anak di sekitar lokasi pasar tradisional Kecamatan Lawang Kidul, elektrifikasi 100 rumah tangga yang belum dialiri listrik dan menjadi pelanggan PLN di wilayah ring 1 perusahaan, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Muara Enim menggelar pasar murah sebanyak 2.500 paket sembako, mengikuti upacara peringatan HUT ke-71 Proklamasi RI di Muara Enim dan Palembang, dan menyelenggarakan berbagai lomba untuk masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

PTBA juga memberikan pembinaan dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada empat mantan atlit nasional untuk bekal berwirausaha termasuk bantuan modal dan pendampingan selama enam bulan. Pembinaan lain yang dilakukan adalah penyuluhan keterampilan untuk empat desa yang berlokasi di sekitar operasional perusahaan