FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Sinergi BUMN, PTBA Siap Kembangkan PLTS di Bandara-Bandara RI

Sinergi BUMN, PTBA Siap Kembangkan PLTS di Bandara-Bandara RI

25 September 2020

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Sinergi BUMN, PTBA Siap Kembangkan PLTS di Bandara-Bandara RI

Langkah sinergi BUMN untuk pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan kian nyata.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Angkasa Pura II sukses membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandar Udara Soekarno-Hatta.

PLTS kerjasama PTBA dan AP II tersebut berupa 720 solar panel system dengan photovoltaics berkapasitas maksimal 241 kilo watt per peak (kWp) dan terpasang di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC).

PLTS di Gedung AOCC ini dibangun dan dikelola oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang juga menggandeng anak usaha PT LEN Industri yakni PT Surya Energi Indotama.

Saat ini operasional PLTS tersebut dalam rangka uji coba dan akan beroperasi penuh pada 1 Oktober 2020.

Pemasangan PLTS ini merupakan pintu masuk energi baru dan terbarukan dan penerapan green airport di bandara-bandara tanah air.

Sejalan dengan komitmen sinergi BUMN untuk pengembangan energi baru dan terbarukan dan kinerja unggul menuju Beyond Coal, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arviyan Arivin berharap kerjasama seperti ini bisa terus terjalin dan ditingkatkan ke depannya.

“PTBA siap bekerja sama untuk mengembangkan PLTS-PLTS di bandara-bandara Indonesia,” ujarnya.

PTBA terus berupaya melakukan diversifikasi bisnis di luar batu bara, sesuai visi untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang ramah lingkungan.