FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Program CSR

Program CSR "Pagar Dewa" PTBA Raih Juara di BUMN Corporate Communication Sustainability Summit

2 Februari 2021

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Program CSR

 

 

Program Corporate Social Responsibility (CSR) "Desa Pagar Dewa" PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meraih juara terbaik untuk kategori Sustainability Community Involvement & Development pada ajang penghargaan BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMSS) yang digelar oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Penghargaaan program CSR terbaik ini diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin pada Jumat malam (29/01/2021).

Program CSR PTBA yang menyabet gelar juara GOLD tersebut merupakan program circular economy pertanian terpadu Desa Pagar Dewa. Program ini dijalankan perusahaan untuk menunjukkan konsistensi dan inovasi program-program yang mengacu pada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) nomor 1,2,3,7,8,15 yang bisa dipenuhi melalui program ini.

Program Circular Economy Pertanian Terpadu Desa Pagar Dewa telah berlangsung sejak 2018 dengan sumber daya finansial yang disalurkan mencapai sekitar Rp 1,5 miliar. Penerima manfaat langsung untuk program ini sebanyak 91 orang dengan efek berkesinambungan dan penerima manfaat tidak langsung mencapai 35 ribu orang.

Adapun para pemangku kepentingan dalam Program Circular Economy Pertanian Terpadu Desa Pagar Dewa antara lain; PT Pagar Bukit Asam, Anggota Petani, Konsumen, Supplier kemasan dan pupuk, peternak sapi, kelompok Bokashi, dan PTBA

Berkat program CSR tersebut, ketersediaan pangan dan lapangan kerja di sekitar perusahaan semakin optimal. Tidak hanya itu, program ini sekaligus menjadi rantai pasok dalam kegiatan CSR perusahaan melalui program Bukit Asam Peduli (BA Peduli) yang menekankan pemenuhan pangan sehat bagi masyarakat.

PTBA terus menunjukkan komitmennya untuk membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan.

Sebelumnya, Desa Pelakat, Kabupaten Muara Enim yang dibina oleh Tim CSR PTBA juga meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari tingkat Nasional yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ini merupakan penghargaan tertinggi sebagai desa terbaik dalam inovasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim se-Indonesia.Desa Pelakat merupakan salah satu desa binaan program Corporate Social Responsibility (CSR) dan program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Bersama dengan PTBA, Desa Pelakat melakukan penghijauan di lahan seluas lebih dari 200 hektare. Pelatihan dan pembinaan untuk usaha perkebunan kopi, hingga rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS).