FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Konsisten Berdayakan Masyarakat, Bukit Asam (PTBA) Raih Bina Mitra UMKM Award

Konsisten Berdayakan Masyarakat, Bukit Asam (PTBA) Raih Bina Mitra UMKM Award

1 Juli 2024

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Konsisten Berdayakan Masyarakat, Bukit Asam (PTBA) Raih Bina Mitra UMKM Award PT Bukit Asam Tbk (PTBA) sukses meraih 2 penghargaan dalam ajang Bina Mitra UMKM Award 2024 di Jakarta, Sabtu (29/6/2024). Kedua penghargaan tersebut yakni kategori Perusahaan Pembina (Gold) dan Program UKM dan IKM Binaan (Gold).

Penghargaan ini diberikan karena PTBA dinilai telah berkontribusi dan ikut berperan dalam mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Niko Chandra menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diterima. Apresiasi ini merupakan pengakuan atas komitmen dan dedikasi PTBA dalam pembinaan UMKM.

"Penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi PTBA, sekaligus menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui pengembangan UMKM yang memperluas lapangan kerja serta memperkuat struktur perekonomian. Sebagai anggota Grup MIND ID, kami senantiasa mengedepankan pertambangan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Niko.

PTBA melakukan berbagai upaya pendampingan dan pembinaan untuk UMKM di sekitar wilayah operasi perusahaan. Untuk meningkatkan akses keuangan misalnya, PTBA menyediakan peminjaman dana sejak 1992 hingga 2022. Peminjaman dana kini dialihkan melalui BRI dengan kerja sama antara PTBA dan BRI.

Kemudian mutu produk UMKM binaan ditingkatkan dari segi kemasan, bantuan alat produksi, dan sebagainya. Lalu untuk memperluas akses pasar, PTBA melakukan pelatihan dan bekerja sama dengan PaDi UMKM serta platform digital e-commerce lainnya.

Pelatihan foto produk, marketing online, promosi dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. PTBA juga sering melibatkan UMKM untuk mengikuti pameran di tingkat lokal hingga internasional. Perusahaan pun membangun Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) dan Rumah BUMN sebagai wadah bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya.

Salah satu UMKM binaan PTBA yaitu SIBA Songket yang berhasil memberdayakan para ibu rumah tangga di Desa Lingga dalam produksi kerajinan songket sejak 2016.

Sepanjang 2023, PTBA telah menggelar 42 pelatihan, mengikutsertakan UMKM binaan ke 20 pameran dan bazar, 3 kali magang dan site visit, serta memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk 10 UMKM binaan. Hasilnya, sebanyak 240 UMKM binaan berhasil naik kelas pada 2023.