Preloader

Berita

Jadi Juara Nasional, Gunawan Wakili Indonesia di Kompetisi Operator Alat Berat Asia

Gunawan, operator alat berat dari PT Satria Bahana Sarana, keluar sebagai pemenang Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) 2022 yang digelar selama dua hari 10-11 Agustus di Gianyar, Bali.
 
Pria asal Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, ini mampu mengalahkan 25 kompetitor lainnya.
 
Dia mencetak waktu tercepat 2 menit untuk seluruh tantangan yang dipertandingkan dengan menggunakan tiga alat berat yaitu Hydraulic Excavator Cat 320 GX, Mini Excavator Cat 305.5E2, dan Medium Wheel Loaders Cat 966GC.
 
Dengan mata berkaca-kaca dan suara bergetar, Gunawan tak menyangka bakal menjadi operator alat berat terbaik se-Indonesia. 
 
Meski merasa bangga, namun dia mengaku tak pernah membayangkan sebelumnya akan mengalahkan lawan-lawannya di ajang yang digelar secara rutin mulai 2019 lalu ini.
 
"Bangga, terharu meraih juara satu, tak terbayangkan," ungkap Gunawan menjawab Kompas.com, usai malam pengumuman pemenang GOC 2022, Kamis (11/8/2022).
 
Kendati demikian, ada satu yang pelajaran yang bisa dipetik dari kiprahnya dalam kompetisi kali ini yakni jiwa yang semangat dan nothing to lose.
 
"Saya bertanding dengan jiwa semangat dan hati plong. Saya persiapkan diri dengan baik. Kemampuan sehari-hari di lapangan, saya terapkan di lokasi pertandingan," tuturnya yang sudah bergelut dengan alat berat sejak 1996.
 
Hal ini sebagaimana diungkapkan Anggota Dewan Juri GOC 2022 yang juga merupakan Senior Operator Trainer Trakindo Utama Fathul Habir.
 
Menurutnya, kemampuan Gunawan tak diragukan. Kemahirannya mengendalikan dan menguasai alat berat berteknologi tinggi demikian sempurna.
 
Keahlian, kelincahan, ketahanan, dan akurasi dalam mengoperasikan alat berat dengan tepat guna, sambil tetap memperhatikan faktor keselamatan, teruji dan mampu dibuktikan dengan baik.
 
"Seluruh tantangan dilewati dengan rata-rata kecepatan dua menit. Sangat presisi," ujar Fathul.
 
Dengan kemenangannya ini, Gunawan berhak mewakili Indonesia di ajang serupa tingkat regional Asia Pacific yang dilaksanakan di Jepang pada Oktober mendatang.
 
"Saya optimistis dan akan mempersipakan diri dengan baik untuk menghadapi pertandingan di sana, supaya Indonesia juara," imbuhnya.
 
Pemenang yang berhasil lolos di tingkat regional akan beradu kembali pada babak global yang akan diadakan bersamaan dengan event pameran alat berat tingkat dunia Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada 2023.
 
Ada pun daftar pemenang GOC 2022 sebagai berikut:
 
• Pemenang pertama: Gunawan, PT Satria Bahana Sarana
• 1st Runner Up: Ebiet Sabara, PT Ithikara
• 2nd Runner Up: Agus Prasetyo PT Wira Keluarga Mandiri
• Pemenang favorit pilihan warganet: M Rasyid Zainuri, PT Cipta Kridatama
• Pemenang konten media sosial terbaik: Pahrul, PT Metro Lestari Utama

Sumber: Kompas.com

Berita Lainnya

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar, PTBA Gelar Festival Belajar Matematika

Muara Enim, 2 November 2022 - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dasar, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar Festival Belajar Matematika. Acara yang dilaksanakan secara hybrid ini dibuka di Gedung…

December 02, 2022

Tiga Strategi Bukit Asam Menuju Perusahaan Energi dan Kimia Kelas Dunia

Jakarta, 1 Desember 2022 - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota holding BUMN pertambangan MIND ID, telah menyiapkan langkah-langkah untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan energi dan kimia yang peduli lingkungan.…

December 01, 2022

Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Muara Enim, 30 November 2022 - Marching Band Bukit Asam (MBBA) kembali mengukir prestasi. Tak tanggung-tanggung, kali ini prestasi diukir pada perhelatan kompetisi marching band terbesar dan bergengsi tingkat nasional,…

November 30, 2022
TOP