FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Harapan Cerah dari Sumsel 8

Harapan Cerah dari Sumsel 8

6 Januari 2016

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Harapan Cerah dari Sumsel 8

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin memberikan sambutan peresmian PLTU Banjarsari 2 x 110 MW yang telah beroperasi secara komersial.  Selain itu, beliau juga melakukan peletakan batu pertama PLTU Banko Tengah 2 x 620 MW atau yang lebih dikenal dengan sebutan PLTU Sumsel 8, di Kabupaten Muara Enim, Sabtu (7/11/15).

Sumatera Selatan memiliki sumber energi yang beragam dan potensinya cukup besar. Cadangan batu bara di Sumsel sendiri hampir 50 persen dari total cadangan  batu bara  nasional. Namun sebagian besar adalah low calory coal dengan produksi tahunan yang masih sangat kecil dan menurun. Hanya 25 juta ton (2012), 23 juta ton (2013) dan 17 juta ton (2014). Sedangkan produksi batu bara daerah lain mencapai 250 juta ton per tahun.

Peresmian PLTU Banjarsari dan PLTU Sumsel 8 menjadi tonggak sejarah baru buat sistem ketenagalistrikan di Indonesia dimana PLTU Sumsel 8 akan mengalirkan listrik ke sistem Jawa-Bali. Bila kondisi tersebut tercapai, maka semakin membuktikan Sumatera Selatan adalah lumbung Energi.

Peran PTBA di industri pembangkit listrik tidak hanya sekadar menambah pasokan energi listrik saja melainkan juga turut membantu PLN secara keseluruhan. Saat ini PLN merupakan pemain utama di bidang ketenagalistrikan dengan hampir seluruh pembangkit dikelola PLN. Namun dalam waktu lima tahun ke depan, lebih dari separuh pemain bisnis ketenagalistrikan adalah swasta.