FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Sentra Industri Bukit Asam Rosella

Sentra Industri Bukit Asam Rosella

29 November 2021

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Sentra Industri Bukit Asam Rosella Program ini merupakan pemberdayaan kaum perempuan melalui pembentukan institusi sosial ekonomi SIBA Rosella yang melaksanakan optimalisasi budidaya tanaman rosella beserta produksi aneka olahan turunannya menjadi produk sehat di era pandemi COVID-19.
 
Produk unggulan dari SIBA Rosella adalah Teh dan Sirup Rosella yang memiliki kandungan Vitamin C tinggi dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun subjek utama dari program ini adalah Ibu-Ibu dari Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Lingga, dan Keban Agung sebanyak 30 orang. SIBA Rosella memiliki pusat produksi dan pengembangan produk usaha mereka di SIBA Centre, Lingga, Muara Enim. Sebagian lahan di SIBA Centre, seluas 2.000 m2 juga digunakan sebagai demonstration plot (demplot) bagi 3.000 batang tanaman Rosella.
 
Selain dapat menyentuh aspek pemberdayaan, program ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam pencegahan penyebaran COVID-19, karena produk olahan turunan rosella diharapkan dapat menjadi pilihan makanan minuman sehat bagi masyarakat di era pandemi, sehingga akan memberi nilai tambah ekonomi kepada subjek program.
 
Pencapaian nilai rasio Social Return on Investment dari program ini sebesar 1: 4,22. Rasio tersebut dapat diartikan bahwa setiap Rp1 yang diinvestasikan dalam program CSR SIBA Rosella mampu menghasilkan dampak sosial sebesar Rp4,22. Rasio SROI tersebut terbilang besar karena program SIBA Rosella merupakan program sosial lingkungan yang berawal dari banyaknya tanaman rosella liar yang belum termanfaatkan dengan baik hingga akhirnya menjadi berbagai produk turunan yang menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan.
 
Pelaksanaan program ini berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu Tujuan 1 Tanpa Kemiskinan; Tujuan 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Tujuan 5 Kesetaraan Gender; Tujuan 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; dan Tujuan 9 Industri, Inovasi dan Infrastruktur.