FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Penerapan IoT dalam Coal Handling Facility

Penerapan IoT dalam Coal Handling Facility

9 Maret 2021

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Penerapan IoT dalam Coal Handling Facility

Satuan Kerja Perawatan Listrik Bukit Asam tak berhenti melakukan inovasi. Sebut saja, misalnya, dengan melakukan optimasi dan inovasi mengikuti teknologi saat ini. Untuk sekarang kita fokus mengikuti trend teknologi 4.0 salah satunya teknologi Internet of Things (IoT). 

Penerapan teknologi industri 4.0 ke dalam sistem operasional Coal Handling Facility (CHF) di UPTE dengan tema #Welcome to CHF 4.0 adalah salah satu contoh. Jadi, seluruh proses operasional batubara dari stockpile ke TLS terkontrol dan termonitor dengan mudah dan real time.

Inovasi yang dibuat berupa aplikasi (app) yang di dalamya terdiri dari:

·       Kontrol dan monitoring jalur operasional CHF

·       Monitoring power distribusi

·       Monitoring proses pengisian batubara di Train Loading Station.

·       Monitoring pelaporan kegiatan pekerjaan (laporan halangan)

·       Informasi data halangan dan status unit operasional yang tercatat secara realtime.

·       Integrasi Jaringan Komunikasi dan Data Sistem Operasional yang termuat dalam media jaringan fiber optic, VPN dan Internet.

Selain adanya perkembangan teknologi 4.0, inovasi itu bertujuan untuk membantu meningkatkan produksi batubara, meminimalkan halangan dan untuk membantu menurunkan pengunaan BBM Kendaraan Operasional dan penurunan emisi gas karbon yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Ini merupakan gagasan bersama tim yang tergabung dalam MCC Innovation Team. Inovasi ini sudah berjalan dengan baik. Aplikasi yang dibuat sudah diterapkan dan dapat diakses oleh seluruh karyawan perawatan dan operasional untuk keperluan kontrol dan monitoring CHF dan ATU.