FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
Agent SHE ‘Mata-mata’ di Zona Tambang

Agent SHE ‘Mata-mata’ di Zona Tambang

18 November 2021

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
Agent SHE ‘Mata-mata’ di Zona Tambang BUKIT ASAM mempunyai sejumlah agen yang bertugas mengawasi kegiatan tambang. Mereka adalah Agent SHE. Sebagai perpanjangan tangan dari satuan kerja KPK3L Bukit Asam, tugas mereka sangat penting, khususnya berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja di zona pertambangan.
 
Seorang Agent SHE memiliki kompetensi antara lain dasar–dasar K3 (basic safety), teknik inspeksi K3 (inspection technique), tata cara pelaporan bahaya (hazard reporting), dan safety talk/safety meeting. Kompetensi tersebut diharapkan dapat menjadikan seorang Agent SHE sebagai teladan/role model bagi rekan kerjanya dan dapat menjadi katalisator dan mediator di area kerjanya guna mempercepat perubahan budaya K3 di Bukit Asam.
 
Agent SHE memiliki tugas dan tanggung jawab, antara lain, sebagai berikut.
·           Inspeksi Area Kerja (Workplace Inspection)
·           Sweeping Golden Rules
·           Pelaporan Sumber Bahaya (Hazard Reporting)
·           Safety Talk
 
Bukit Asam telah meraih penghargaan Safety Culture Award (WISCA) dengan kategori silver yang mana budaya K3 di PTBA dinilai berada di tingkat 4 (proaktif) dari 5 tingkatan yang tersedia. Artinya, masih ada ruang untuk terus berkembang dan mencapai tingkatan budaya tertinggi (resilient) yang mana hal tersebut dapat dicapai jika seluruh karyawan telah berbudaya K3. Oleh sebab itu, PTBA membutuhkan Agent SHE sebagai agen perubahan yang dapat menyampaikan pesanpesan perubahan serta mampu menjadi pemimpin terdepan serta role model untuk mencapai budaya K3 yang resilient.