FacebookInstagramTwitterLinkedInYouTubeTikTok
19 Pegawai Baru Bukit Asam Diterjunkan untuk Bantu Pemberdayaan Masyarakat

19 Pegawai Baru Bukit Asam Diterjunkan untuk Bantu Pemberdayaan Masyarakat

12 Oktober 2022

PTBA Twitter Share PTBA Facebook Share
19 Pegawai Baru Bukit Asam Diterjunkan untuk Bantu Pemberdayaan Masyarakat PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar kegiatan Live and Contribute to Local Communities untuk para pegawai baru yang sedang mengikuti program onboarding. Sebanyak 19 pegawai baru PTBA ikut serta dalam aktivitas yang berlangsung selama 5 hari dari 10-14 Oktober 2022 ini.

Para peserta mengikuti kegiatan pengembangan masyarakat (community development) di desa-desa binaan Sustainability PTBA di Lahat dan Muara Enim, yaitu Desa Prabumenang, Dusun Tanjung, Desa Lingga, Mandala Sebrang, Desa Tegal Rejo. Mereka didorong untuk berkontribusi dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat yang dapat diwujudkan melalui program Sustainability PTBA.

Peserta dibagi menjadi 5 kelompok, dengan masing–masing kelompok berisi 4–5 orang. Mereka tinggal di rumah warga dan dilibatkan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dengan warga sekitar. Peserta diberikan tugas membantu kegiatan Pembinaan Sustainability atau memberikan ide potensi peningkatan ekonomi dari Desa yang ditinggali. Di akhir kegiatan peserta akan melakukan presentasi tentang kegiatan pembinaan atau ide bisnis untuk meningkatkan ekonomi warga.

AVP Sustainable Economic, Social & Environment PTBA Mustafa Kamal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati pegawai terhadap lingkungan sekitar. Sejalan juga dengan noble purpose (tujuan mulia) MIND ID, yaitu pertambangan untuk kesejahteraan masyarakat dan masa depan yang lebih baik.

"Harapan kami, ada satu jenis usaha yang berada di lingkungan adik-adik sekalian untuk kami data dan kami tindak lanjuti. Adik-adik sudah 1 tahun atau 2 tahun bekerja di PTBA, jaga hubungan baik sama keluarga di rumah yang ditinggali adik-adik nanti," kata Mustafa Kamal.

Perwakilan peserta Live and Contribute to Local Communities, Ari Sukma Siregar, berharap kegiatan ini dapat terus dijalankan untuk semakin meningkatkan peranan PTBA dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

"Kegiatan-kegiatan CSR yang sudah dilaksanakan oleh Satker Sustainbility itu menurut kami sangat bermanfaat bagi masyarakat. Menurut kami program ini sudah sangat baik dan sangat membantu masyarakat sekitar," ujarnya.